Saturday 4 June 2016

DPD RI Tertarik Teknologi SIPLO Faperta UNISMA

Malang. 30/05/16 Fakultas Pertanian Universitas Islam Malang (FP UNISMA) mejadi tujuan kedatangan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Provinsi Lampung, Ir. Anang Prihantono. Beliau merupakan orang yang peduli terhadap pertanian. Kedatangan beliau ke Unisma untuk Sarasehan dengan Fakultas Pertanian mengenai “Aplikasi Teknologi Sistem Intensifikasi Potensi Lokal (SIPLO)”
Ir. Anang yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum Sertani (Serikat Tani Indonesia) pada dua periode ter"sebut tertarik dengan alat yang ditemukan oleh dosen Universitas Islam Malang, “Dengan menggunakan alat yang disebut  SiPLO ini pertumbuhan tanaman seakan makin bagus karena ada antibodi dan juga dapat memperbaiki jaringan tanaman.”tutur dosen Unisma penemu alat akupuntur tanah, Dr. Ir. Sugiarto,MP.

Alat ini sudah diuji dan dipraktikan di sawah, untuk tanaman bunga dan holtikultura di berbagai daerah seperti Mojokerto, Tulungagung, Jombang, Malang, dan lain sebagainya. Ir. Anang yang tertariik dengan teknologi tersebut langsung mengunjungi Unisma. “Saya senang dengan adanya temuan hebat seperti ini, temuan ini akan saya jadikan model dan akan kami coba praktikan di Lampung.” Ucapnya bangga. Beliau juga kagum melihat bahwa Dosen dan Mahasiswa Unisma memiliki kompetensi yang tinggi bisa menghasilkan alat ini.
Rektor Unisma, Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si juga memberikan sambutan. “Indonesia itu memiliki hamparan yang sangat luas, untuk itu mahasiswa tidak boleh berkecil hati masih banyak pertanian yang harus ditangani.” Tuturnya. Beliau juga mengatakan bahwa apa yang dilakukan Fakultas Pertanian. “Sungguh mulia Fakultas Pertanian ini karena tidak hanya membantu satu orang saja, tetapi bisa membantu jutaan orang.” Tuturnya. (nin)

No comments:

Post a Comment